5 Cara memilih Tinta Printer yang sesuai kebutuhan dan Awet Tintanya.

Sesaat membeli printer, pasti akan memperoleh sebuah tinta dari bawaan printer tersebut. Tapi jika tinta tersebut habis. pasti sulit banget untuk memilih tinta mana yang cocok untuk printer yang kita gunakana. pasalnya banyak sekalih printer yang memiliki tinta yang berbeda. maka dari itu harus jeli dalam memilih tinta printer.

printer yang sering di beli atau paling laris yaitu merek canon dan epson. Tinta printer juga ada banyak jenisnya dari segi merek, dan tipe tinta yang sesuai. tapi yang sering di jual pasaran yaitu merek dua jenis ini, antara merek canon atau epson. 


5 Cara memilih Tinta Printer yang sesuai kebutuhan dan Awet Tintanya.

Jika kalian membeli printer canon, pasti akan mendapatkan katrit yang dalamnya ada gabusnya tapi itu termasuk catride original yang harganya cukup mahal. dibandingkan dengan Printer epson, hanya memiliki tipe semprotan dan tidak memiliki gabus didalamnya.

Nah jika ditanya untuk masalah harga tinta printer, tentu beragam harganya. karena merek canon dan epson itu tergantung dari refill tintanya semakin tinggi tetapi harganya murah. jika kebutuhan anda yang mengutamakan hasil cetakan yang jelas, tentu harus mengeluarkan dana untuk membeli tinta printer yang lebih berkualitas, agar nantinya kualitas cetakan yang dihasilkan juga lebih jelas, bagus dan teliti.

jangan salah sangka dulu, jika memilih tinta murah itu hasilnya kurang bagus loh. jika hanya saja yang dibutuhkan untuk mengeprint dokumen saja bisa kok. kalian membeli tinta yang murah tapi hasilnya cukup bisa dibaca. kertasnya juga bertipe plan paper, maka tinta printer yang digunakan yaitu Dye Based ink, itu karena bahan tintanya berupa cairan air tinta yang mudah di luncurkan tetapi yaitu jika, kalian gunakan untuk mencetak foto hasilnya pasti akan bleber atau bisa dibilang jembret tintanya. jadi hasilnya kurang jelas. itu disebabkan kertas yang kita gunakan juga berbeda. 

Nah maka dari itu kalian harus paham mengenai memilih tinta yang sesuai kebutuhan printer. Jangan keburu membelinya oke. simak dari artikel saya share ini. langsung saja keintinya ya.

1. harus mengetahui bahan dasar tinta yang dipilih
tinta pada umumnya yaitu ada dua tipe air dan alkohol. Nah dari info yang di dapat oleh service printer, tinta yang bahan dasarnya dari alkohol itu cenderung bisa merusak head printer. Supaya kalian tau mana tinta yang bagus. bisa kalian kocok kemudian jika ada busanya didalam botol, akan reaksinya busanya cepat hilang itu berarti kualitasnya bagus. nah jika cairan tinta dikocok busanya masih kelihatan atau sulit hilangnya bearti kualitasnya jelek.

2. Dilihat dulu dari tingkat keasaman atau PH
dari dasaran tingkat keasamaan yang bagus yaitu seimbang. jadi jika kalian ingin tau seimbangnya atau tidak tingkat PHnya bisa menggunakan PH Meter digital. jadi kebanyakan tinta tidak menampilkan PHnya atau keasamaan tinta. tetapi ada kategori jenis tinta berdasarkan refrensi yang ada. bisa mencocokan Tingkat keasamaannya. ada 3 kategori yaitu.

1. Kategori balance yaitu tingkat keasaman yang sangat bagus. untuk mendapatkan hasil yang bagus meter digital yang di cek berkisar antara 6,5 - 7,5

2. kategori basa yaitu keasaman yang masih bisa diperbolehkan. jadi tingkat keasamannya 8-10.

3. Kategori asam yaitu tingkat keasamannya yang sangat tinggi. tinta seperti ini jarang digunakan, lalu juga dilarang untuk dipakai. tingkat ukuran yatu 3,4 - 4,4.

Baca juga:

3. efek samping dari kategori asam
kenapa kategori tinta asam ini tidak diperbolehkan. karena memiliki sifat korosi (berkarat) jadi akan menimbulkan komponen pada mikroskopis. jadi bisa juga merusak komponen stainless steel dan logam. jadi jika mempunyai printer epson siaplah akan mengganti head printer ini.

4. Memilih tinta berdasarkan harga.
jadi harga tinta juga mempengaruhi perliter yang ada di botol tinta. tinta berisi per 100 ml harga bisa 10 ribu sampai 100 ribu itu masih kebutuhan umum. Nah harga tinta printer yang murah juga kurang bagus. dan efeknya juga tidak tahan lama dan tinta yang efeknya kental juga merusak printheadnya. lebih baik gunakan tinta printer bawaannya. soalnya itu sudah rekomendasi dari pabrik bahwa tinta tersebut sangat cocok digunakan pada printer yang digunakan. seperti contoh tinta epson yang sudah satu pack dengan tintanya. saya juga begitu karena tinta sudah diuji aman dan bisa digunakan berulangkali tidak rusak.

5. wajib tanya tinta yang cocok untuk printer.
nah tips yang nomor 4 itu sudah pasti dari pabriknya. Nah jika kalian membeli tinta sembarangan akan merusak printheadnya. sebelum itu kalian tanyakan terlebih dahulu merek print kalian gunakan. atau bisa kalian cek dari buku dari waktu membeli print tersebut. itu sudah tertera tinta mana yang cocok. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel