Sekilas Tentang Pemrograman PHP

PHP adalah salah satu bahasa pemrograman skrip yang dirancang untuk membangun aplikasi Web. PHP adalah singkatan dari "PHP: Hypertext Prepocessor" Ketika di panggil dari web browser pemrograman yang di tulis dengan PHP  akan di-parsing di dalam web server Oleh interpreter PHP Dan diterjemahkan ke dalam dokumen HTML, Yang selanjutnya akan ditampilkan kembali ke web browser. Karena pemrosesan program PHP dilakukan di lingkungan web server, PHP dikatakan sebagai bahasa sisi server (server-side). oleh sebab itu, Seperti yang telah di kemukaan Sebelum, Kode PHP Tidak akan terlihat pada saat user memilih perintah "View Source" Pada web Browser yang mereka gunakan selain menggunakan PHP, Aplikasi Web juga dapat dibangun dengan Java, Perl, Python, Ruby, Maupun ASP.


PHP Juga dirancang menggunakan bahasa HTML. Banyak dijumpai kode PHP yang menyatu dengan kode HTML.  KODE PHP diawal dengan Tag <?php dan diakhiri dengan Tag ?>. 

Nah jika kalian menginginkan konfigurasi terhadapt File php.ini untuk mengizinkan penggunaan tag pendek (short tag) dengan mengubah nilai Short_Open_Tag menjadi On, maka tag tersebut dapat diganti dengan <? dan ?>.

Untuk PHP 7, Nilai Default dari Short_Open_Tag adalah off dalam modul ini, kita akan tetap menggunakan Tag <?php dan ?> sebagai penulisan kode-kode php 7.

Berikut ini contoh kode PHP Yang sederhana.

<?php
    echo " Hello World! ";
?>

Perintah echo di dalam php berguna untuk mencetak nilai, baik Teks maupun numerik, ke layar web browser. Selain echo, kita juga dapat menggunkan Perintah Print, Sehingga kode diaas dapat ditulis dengan seperti contoh di bawah ini.

<?php
print " Hello World! ";
?>

Perintah echo dan print juga memiliki bentuk penulisan yang lain, seperti layaknya pemanggilan fungsi. Berikut ini bentuk lain tersebut.

<?php
 echo("Hello World!"); //mencetak teks "Hello World"
 echo(1);                        //mencetak angka 1
 print("hello world!");    //mencetak teks "Hello World"
 print(100);                     //mencetak angka 100
?>

Jadi setiap perintah atau statemen di dalam kode PHP harus diakhiri dengan tanda titik koma atau semicolon (;).

Hasil yang akan diberikan oleh kedua kode di atas adalah sama. Meskipun demikian, dalam  pemrograman PHP, penggunaan echo lebih banyak digunakan dibandingkan dengan perint print.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel